Wednesday, January 20, 2010

Bikin Forum Yukk!!!

Belakangan ini banyak banget temen gw nawarin forumnya masing-masing dan ngajakin buat jadi member, yang bikin gw heran satu orang tuh bisa punya lebih dari satu forum (wew!). Kalo gw sih ok aja kalo cuman register tapi kalo secara kontinuitas aktif di smua forum tersebut kayaknya susah. Kenapa? Gini, forum yang paling sering gw kunjungin Kaskus, di sono banyak banget informasi yang bisa gw dapet yang pastinya lebih update dari koran, majalah, even TV! Dan saking banyaknya info itu sendiri belom tentu bisa gw baca smuanya. Sedangkan di sisi laen gw juga jadi moderator di Indobaba (forum baru juga). Itu baru forum, belom lagi jejaring sosial laen kayak Facebook, Twitter, dan Friendster. Gak mungkin kan dengan segitu banyaknya akun gw bisa keep exist? Pasti ada beberapa yang terabaikan sesuai kemampuan masing-masing orang. Kayak gw sendiri udah jarang banget buka Friendster karena diakui or ga ada yang lebih interaktif, Facebook! kalo Twitter, gw sendiri cuman pake buat cari info yang ga bisa kita dapet di Facebook secara postingan di Twitter cenderung lebih serius dari Facebook karena kebanyakan info (status temen-temen) di Facebook isinya sesuatu yang sifatnya "kurang" penting.

Kembali ke masalah forum, udah dua orang temen yang nawarin gw buat join jadi member di forum mereka, yang lebih gokilnya masing-masing orang ga cuman punya satu forum dan smuanya pingin bikin forumnya itu jadi forum nasional. kalo mnurut gw sih sah-sah aja tapi ada hal-hal yang perlu diperhatikan kalo mo bikin forum-nya cepet gede. di Indonesia sendiri buat forum nasional ada Kaskus dengan motto-nya "The Largest Indonesian Community" dan emang iya Kaskus udah berhasil menjadi forum paling gede di negeri ini. Dari situ mestinya yang dipikirin. Logikanya gini, kayak gw sendiri yang udah gabung Kaskus merasa informasi yang disajikan di Kaskus ibarat makanan ga abis gw makan saking banyaknya, masa mo nambah dari forum laen? Kecuali kalo di forum laen itu banyak info yang di Kaskus mungkin jarang dibahas, kayak sebuah forum di http://echo.or.id/ yang menghususkan diri di bidang IT, keamanannya, dan dunia hacking di mana antara Kaskus dan Echo ga saling bertabrakan dan ga saling menyaingi karena memang bergerak di dunia berbeda. Ibarat pusat perbelanjaan, Kaskus itu PIM dan Echo itu ROXY. See?

Jadi buat temen-temen gw (yang gak merasa temen gw juga boleh baca) kalo mo bikin forum kaliber nasional tapi pingin cepet gede alangkah baiknya kalo forumnya itu punya spesialisasi pada bidang tertentu yang mungkin belum banyak diangkat di forum laen. Karena kalo memaksakan bikin forum yang sifatnya umum tanpa spesialisasi sama artinya dengan bunuh diri. Kenapa? Ya itu tadi, di Indonesia udah punya Kaskus! Tentu orang lebih prever ke Kaskus buat cari informasi karena emang lebih banyak yang bisa didapet daripada di forum baru yang masi merintis. Kalopun temen-temen maksa forumnya supaya bersifat umum (tanpa spesialisasi) gw bisa pastiin bakal banyak threat yang isinya udah pernah dibahas di forum laen (a.k.a repost), kalo kayak gitu forum ga bakal berkembang atau malah jalan ditempat, karena pendatang kan mencari info yang dia belom tau bukan membahas lagi dan lagi berita yang baru aja kmaren dia baca. masalahnya ada orang yang berulang-ulang posting berita dari forum A ke forum B, terus lagi ke forum C, D, E,... yang isinya sama! mending kalo postingan itu emang dia yang bikin sendiri or searching sendiri dan belom pernah diangkat dari forum manapun. bukannya menggurui or terlalu fanatik sama satu forum karena terus terang gw bukan forum owner dan belom pernah juga merasa berpartisipasi membesarkan sebuah forum, cuma yang gw liat selama ini kayak gitu. buat temen-temen teteup smangat yah, smoga forumnya bisa cepet gede!!! hehehe

especially dedicated to my friends: Vito Boanerges and Muhammad Dimas Wibisono
*)abaikan judulnya yang "agak" alay...

No comments:

Post a Comment