Sunday, March 14, 2010

Nasi Goreng dan Gerimis

"Tugas yg ta brujung,tajelas kbnaranny,tajelas mpe kpn ini bkal slese... *sigh!"

gw senyum waktu baca tulisan di status facebook seorang temen, seorang gadis kecil yang punya senyum manis kayak apel Washington di panasnya musim kemarau, manis banget di balik jilbabnya yang anggun. gw yakin sbenernya gadis itu bukan seorang pengeluh tapi kayak kata pepatah yang dulu nempel di papan tulis whiteboard usang di kelas 2G jaman gw SMA dulu bahwa "noboby's perfect", mungkin dia lagi khilaf aja. gw jadi inget waktu dulu pernah beli makan sama Rudy, temen seperjuangan...

"ga ada bedanya jaman kuliah sama udah kerja..."

"maksud lu?"

"jaman kuliah susah makan karena kita masih miskin,
kalo skarang susah makan karena lingkungan..."

"emang skarang lu udah brasa kaya gitu?"

"hehehe"


gw nyengir tanpa merasa bersalah waktu itu, karena emang gw (dengan otak yang suka ga berfungsi dengan baik) mikir kalo gaji yang gw terima lebih dari cukup kalo buat sekedar makan, cuma skarang gw kerja di tempat yang di mana makanannya itu-itu aja (kalo ga bole dibilang susah), ga ada variasi. kadang bosen juga, kalo ga makan di Nusantara, Anda, ACC, Garuda, pasti ke lapangan Beringin. adalah Subulussalam, kota gw skarang yang secara administratif baru berumur tiga tahun sejak mekar dari Aceh Singkil, gw juga heran kenapa pada hobby minta pemekaran tanpa melihat kenyataan bahwa potensi daerahnya "kurang" mendukung, apalagi menyandang predikat mentereng di depan, Kota Subulussalam. dan yang paling bikin gw ga abis pikir tuh, kok ya Dirjend Pajak ikut-ikutan latah bikin kantor pajak di sini, niat banget ngerjain anak buahnya?! kembali ke Rudy, kalo ada yang bilang dia pinter, gw bilang jenius. yang gw tau dia jarang belajar, karena emang cuma butuh baca sekali buat paham bahkan apal sampe detil kuliah yang kita terima. asal tau aja, dulu ada kuliah Pedanil yang diajar Bu Risda, hobbynya bikin soal ujian cuman lima butir tapi jawabannya bisa sampe lima lembar halaman kertas ukuran folio! dan ahirnya Rudy lulus dengan peringkat yang cukup baik, setidaknya kalo dibanding gw... hihihi.

yup, Rudy berangkat dari bukan keluarga mampu, jauh dari kata kaya. dan ini yang bikin gw kagum dari dia, dulu dia di SMA masuk program akselerasi yang cuman butuh waktu dua tahun buat lulus, terus coba daftar kuliah di sekolah tinggi kedinasan milik Departemen Keuangan, STAN. tapi seolah Tuhan lewat pena takdirnya bilang, "belom waktunya Boy!", hingga pengumuman keluar dan Rudy ternyata ga lulus Ujian Saringan Masuk (USM). berhubung sikon keluarga ga memungkinkan, Rudy-pun ga kuliah. apa dia putus harapan? gak! setaun dilalui, di saat temen-temennya kuliah (atau pura-pura kuliah) sambil asik mondar-mandir ngecengin cewe-cewe dengan motor bapaknya, si Rudy malah bantu ekonomi keluarganya. dia kerja dan pekerjaannya itu jauh dari kata elit apalagi bisa dibanggakan, kuli bangunan! dia pernah cerita tentang cara dia dulu gimana bikin jalan raya sebelom diaspal, angkat-angkat adonan semen dan pasir, angkat-angkat batu kerikil, dan sebagainya. mungkin itu juga yang bikin badannya atletis. dan setahun berlalu, ahirnya pendaftaran USM mahasiswa baru STAN dibuka, Rudy mencoba peruntungan lagi dan lulus! meski penempatan kuliah waktu itu dia dapet di kampus Medan (kita dari Jawa) tapi ga meruntuhkan semangat bajanya, ahirnya gw ketemu dia, jadi temen sekelas, seperjuangan, senasib, dan secita-cita. angkatan tiga belas. ini yang bikin gw respect, juga temen-temen lain yang secara urutan ranking (bisa dibilang) lebih bagus dari Rudy. coba dia dulu lebih rajin gw yakin pasti bisa ranking pertama dan penempatan di Medan, coba gw dulu juga lebih rajin belajar pasti ga ada di sini...hihihi, asal tau aja, gw ranking ketiga waktu itu tapi dari belakang, lha wong besok mau UAS gw malah malemnya nongkrong di "Harapan" sampe jam tiga pagi, dasar geblek!!!

"wey, ini nasinya bawa!"

bentakan melengking Rudy bikin gw kembali sadar dari lamunan dan gw pulang dibonceng Rudy ngebut di atas CBR 150cc-nya menerobos rintik gerimis yang terus mengguyur malam sejak Adzan Ashar tadi, ga sabar menikmati nasi goreng buat meredam gejolak nafsu perut yang minta dipuaskan. agak menggigil oleh angin yang bertiup membelai gw, membelai Rudy, juga kota ini yang berangsur mulai sepi tanpa ada gelak tawa dan keluh kesah anak manusia lagi. hah... uda dua tahun dan waktu seolah berlalu terlalu cepet sejak kita lulus kuliah, dan sekarang tau-tau kita udah sama-sama kerja di satu instansi pemerintah, di bawah Direktorat Jenderal Palak, eh, Pajak!!! Rudy di Sub Bagian Umum jadi tangan kanan big boss, gw di Seksi Exten bagian lapangan yang di SOP ga tercantum buat berantem sama Wajib Pajak tapi sering kejadian juga.

kayak kata iklan permen jaman ABG dulu, "ga smua yang lu denger itu bener", begitupun cerita ini, toh cerita hidup Rudy beneran kayak gitu adanya (cuman setting suasana cerita yang gw bumbuin karangan biar dramatis). yang pasti terlepas dari bener 100% atau nggaknya cerita ini selalu ada satu hikmah yang bisa kita jadikan pelajaran hidup. tentang arti syukur, tentang menghargai hidup dan bagaimana kita kuat oleh panas terik, hujan badai kehidupan, juga bagaimana hati kita bisa bertahan tanpa mengeluh pada kondisi yang ga semstinya kita anggap sebagai sesuatu yang membuat kita sengsara tapi justru bikin kita kuat, dan hati yang ihlas membuat kita sekuat karang di pinggir lautan yang terus menjulang menantang ombak. sorry buat temen gw yang punya senyum manis banget di balik jilbabnya please jangan marah yah... no offense lo, cuma sekedar share aja kuq... serius de, sumpah!!!

[ditulis ditengah dinginnya angin malam bukit barisan dan kepulan asap putih abu-abu rokok Marlboro Black Menthol, Subulussalam 15 Maret 2010]

No comments:

Post a Comment